Do n Don’t for Elegant ladies

Welcome back ladies, here with Me again Abel Mundy your Coach… I will tell you about Do n Don’t guest etiquette for Elegant ladies. Bagaimana menjadi tamu yang sempurna untuk berbagai kunjungan setelah PSBB ini selesai, pas dong kita bahas topik ini karena akan banyaknya berbagai  Social Event, undangan Makan, acara keluarga, acara kantor, atau acara lainnya, untuk itu kita harus tau nih bagaiamana menjadi tamu yang menghargai Host nya dan bagaimana untuk bisa di undang kembali dalam Social event.

So The number 1 it’s

Always RSVP and not cancel last minute.

Ada beberapa orang yang mengabaikan RSVP atau dalam bahasa Francis  répondez s’il vous plaît, meaning “please respond.” Apabila RSVP tertulis dalam undangan, itu Artinya sang pengundang / Host mengharapkan respon dari tamu untuk mengatakan bisa mengkonfirmasi dalam acara tersebut.

Apabila Acara tersebut hanya acara rumahan atau tidak terlalu formal, biasanya Host akan mengundang melalui Whatsapps atau Social Media, walaupun itu tidak Formal harus mengkonfirmasi kita bisa datang atau tidak dalam acara tersebut.

Contohnya ketika kita berkomunikasi Whatapp dan kita melihat blue thick artinya sudah di baca tetapi tidak ada respond dalam beberapa hari ke depan, ngambang dan tidak ada kepastian apapun. Bisa di artikan Orang seperti ini tidak ingin berkomitmen, apabila mood nya bagus hari ini dia akan adatang, apabila moodnya tidak sesuai bisa dengan mudah dia tidak ada kabar dan hilang begitu saja dengan berbagai alasan yang muncul.

That’s its Rude n not Nice.

And Elegant Ladies never do that.

Bagaimana pun ini Point Penting untuk di ketahui , 1 kali kamu berkomitmen kepada sesuatu ga ada jalan mundur kecuali ada alasan yang valid dan penting banget.

Hal yang harus di perhatikan apabila sudah melakukan RSVP adalah make sure kita tidak melakukan cancel on last minute, karna itu salah satu manner dalam hal RSVP yang harus di perhatikan. Kamu tidak bisa mengcancel tiba-tiba terkecuali kamu tiba-tiba sakit dan ada hal mendesak.

Number 2

Ask before bringing a Guest

Inform the Host kalau kamu membawa tamu tambahan ( Plus 1).

Seseorang terkadang bingung apabila menerima sebuah undangan, ada beberapa orang berfkir bahwa 1 undangan sudah termasuk plus 1. ini Berlaku untuk Kunjungan ke rumah seseorang juga Sebelum membawa tamu lain, kita ada baiknya kita mengkonfirmasi dengan Host terlebih dahulu, tidak bisa kita mendadak datang dengan teman, pasangan, sepupu atau keponakan.  Jangan sampai host terkejut melihat kita membawa tamu yang belum dia ketahui. Akan lebih baik kita bertanya terlebih dahulu “ apakah boleh dan oke apabila saya membawa tamu lain sebagai Plus 1 saya’. Never Show up with uninvited guest.

Number 3

Never Arrived with empty hand

Guests Arriving with Gifts at Friend’s House

Hanya terlihat tidak elegant ketika kita di undang ke rumah seseorang dan kita tidak membawa apapun untuk Host. Ketika saya berbicara mengenai membawa sesuatu tidak harus barang yang mahal atau sesuatu yang fancy, Tetapi coba bayangkan kita mengunjungi rumah seseorang yang lebih intimate event, party, lunch or dinner apapun itu bawalah sebotol Wine, champagne, bunga, coklat,atau kamu bisa membawa desert untuk di makan bersama-sama setelah acara selesai.

 Tidak harus fancy tetapi membuat kamu merasa pantas untuk datang dan di undang.

Number 4

Respect dress Code

Ada di antaranya beberapa acara/event memiliki dress code, coba untuk mengikuti dress code yang sudah di berikan. Biasanya dalam Undangan itu ada dress code apa yang bisa di kenakan. Saya Pribadai sangat tidak menyukai party yang mempunyai dress code binatang atau karakter-karakter konyol it’s just not my things, tetapi apabilaseseorang mengundang saya harus mengikuti dress code yang sudah mereka tentukan. Sedikit Rude apabila kita datang tanpa dress code yang sudah tentukan seperti kita tidak ada effort dan sedikit malas hanya menunjukankan kurangnya Manner. Berlaku pula untuk casual dress ya jangan terlalu berlebihan.

Apabila dalam Undangan tidak mention mengenai dress code sebaiknya kenakan Casual dress hindari jeans, celana pendek, kaos, dan sandal plip plop.

Number 5

Eat Before hand

Yang satu ini sedikit menarik , Saya menganjurkan kalian makan kecil/snacking sebelum datang ke suatu acara ,apapun itu mau lunch , brunch , atau itu dinner, Saya tidak mengatakan harus makan banyak sampai kamu terlihat kenyang, saya disini berbicara mengenai Balance. Ada beberapa event yang hanya menyediakan makanan snack kecil, dan setiap event biasanya ada Alkohol maka sebelum minum harus di pastikan kita makan sesuatu terlebih dahulu.

Alasan kita berada dalam Social event adalah untuk bersosialisasi bukan focus pada makan apa minuman apa yang akan di hidangkan. Jadi alasan mengapa kita harus makan sebelum datang ke sebuah event untuk menikmati present moment, bukan terlihat seperti orang kelaparan. That’s not Elegan.

Number 6

Great your Host

Usahakan kita datang tidak terlalu terlambat jadi ada kesempatan untuk say hi kepada host yang mengundang kalian, Itu salah satu kalian menghargai waktu dan energy dia yang sudah melaksakan event tersebut.

Ada satu kalimat yang jadi pembelaan “ ya saya selalu datang terlambat, kamu tahu itu kan?!” apakah kamu bisa bertahan dengan pembelaan tersebut. Saya tidak setuju!!!!

Hanya Orang yang mempunyai manajement waktu yang baik yang dapat menghargai waktu. Ada di beberapa acara Host menghampiri para guest, tetapi apabila dia tidak mendatangi guest karna banyak hal yang harus di lakukan , Make sure kamu mendatangi Host, secepatnya saat km tiba, just sai hi dan bisa mengobrol nanti. Hanya katakan Terima Kasih sudah mengundang saya, Mungkin sedikit pujian mengenai dekorasi atau dress atau baju yang host kenakan.

Sekarang masuk ke penutupan saat kamu meninggalkan acara, apabila sempat cobalah berpamitan dengan host. Usahakan untuk perpamitan.

Kamu akan terkejut berapa banyak orang yang tidak menghargai hal-hal seperti ini. Apabaila kamu tidak Sai hi dan say goodbye maybe next time you should not invited back. Heheheh

Number 6

Keep Phone on silent

That’s means kamu tidak mengangkat telpon di depan oranglain, apalagi ketika membicarakan yang sedikit sensitive, atau upload terlalu banyak poto dan video. Hanya mengecek hp apabila kita pergi ke toilet.

No Phone on the table.

Really phone kamu hanya simpan di dalam tas,  apapun acara nya . terlebih lagi apabila itu acara yang sedikit intimate,memohon izin apabila kamu harus mengangkat telpon dan lakukan jauh dari table atau acara. Dimana tidak ada orang yang mendengar apa yang kalian bicarakan.

Number 7

Hindari Drama sampai acara selesai

Meaning seseorang mengundang kamu ke sebuah acara artinya waktunya untuk fun dan nikmati present time, jangan sampai kamu merusak acara seseorang hanya karna kamu baper, sedi, atau lagi dalam keadaan tidak good mood.

Event are there to be a moment of pleasure to people for have fun not for you to come there with your bad attitude .

Dan jangan Lupa apabila kamu ada masalah dengan partner kamu, jangan sampai oranglain tau dan hindari bertengkar di public apalagi di acara seseorang.

And the last one

Never stay untill End

Dan hal yang menarik yang perlu di bahas , kapan sih kita harus meninggalkan acara.  Sebagai salah satu contoh apabila kita menerima undangan makan di rumah teman dekat akan bagus apabila kita meninggalkan acara terakhir kita bantu beliau untuk membersihkan dapur, atau membersihkan sisa-sisa acara.

Biasanya dalam undangan ada jam berlangsung sampai jam berapa contohnya jam 8- 10 kita bisa meninggalkan acara 9.30 atau jam 10 asal jangan lebih dari jam 10.

Semoga kalian dapat banyak undangan social Event setelah Psbb ini selesai, implementasikan be a guest and Host whatever you prefer but most important be Elegance all the time.

Tinggalkan komentar