Social Media ettiqutte

Hallo Again with me Abel Mundy, how are guys gimana artikel kemarin sedikit membantu tidak, tetapi sepertinya PSBB di mulai lagi nih, nah kenapa kita membahas mengenai Social media ettiqutte karena semakin kita lama di rumah laman social media kita akan ramai dengan berbagai postingan , nah tepat banget nih akan kita bahas mengenai social media ettiqutte , agar kita dapat dengan bijak menggunakan Social Media, dan tidak mengganggu feed laman orang lain.

Social media Ettiquette sangat Relavan belakangan ini, semua orang sudah menggunakannya dan apapun bisa di share tanpa batasan apapun, sudah berkurangnya Privasi dalam berbagai aspek.

Di akhir artikel kalian bisa meninggalkan komentar apakah kalian setuju dengan yang saya sampaikan, atau kalian bisa memberi saya inspirasi artikel apa yang bisa saya tulis untuk kalian di artikel berikutnya.

Point number one Whats’ap Conversation.

Ada beberapa teman dan kolega Saya yang tidak menggunakan Blue thick ( atau respon/notifikasi apakah pesan tersebut sudah di baca atau belum). Nah issue di sini adalah kapan kita harus merespon.

Saya termasuk orang yang jarang sekali mengecek whatsapp dan bukan orang yang gampang di hubungi , jadi saya memprioritaskan menegecek whatsapp apabila sedang senggang atau bener- benar urgent, hampir tidak ada waktu untuk melakukan chat conversation di Whatsapps.

Tetapi saya mempunyai rules, apabila saya sedang melakukan hal-hak yang membutuhkan focus saya biasanya mematikan whatsapps, jadi teman saya tau apabila centang satu berarti saya dalam posisi tidak bisa chating/ membalas sesegera mungkin pesan kalian.

Apabila kita menggunakan blue thick akan sangat tidak sopan apabila tidak sengaja membaca dan kita tidak sesegera mungkin membalas. Kembali ke topik tadi Kapan maximal waktu untuk membalas pesan tersebut, adalah hari ini juga atau 48 jam maximal. Tetapi kembali lagi ke kalian , kalian bebas untuk memilih dan membalas, hanya 1 jangan meninggalkan corversation yang belum selesai. Kalau saat itu kalian harus melakukan sesuatu yang penting, katakan saja kita akan melakukan sesuatu dan akan membalas setelah selesai, jangan biarkan seseorang menebak-nebak , kenapa kita tidak merespon pesan mereka.

Point Number 2 Oversharing.

Saya di sini mengatakan Oversharing adalah terlalu berlebihan  sampai mendetail tetang apa yang kalian lakukan, kehidupan pribadi kalian sampai membuat orang lain yang melihat sedikit canggung. Coba deh sebelum kita memposting sesuatu pikirkan, apakah ini pantas untuk di share, akan berdampak apa untuk orang yang melihat postingan kita.

Bahkan ada beberapa orang yang merasa bahwa ini adalah social media mereka terserah mereka mereka akan posting apapun, tetapi coba pikirkan apa impact apa yang di alami teman kita ketika feed atau story nya di penuhi dengan postingan kita.

Saya mengerti akan sangat mengganggu untuk sebagian orang. Coba perhatikan ini ada beberapa orang yang overposting hanya karena dia ingin di akui dan ingin mendapat pengkuan, oke you there and you look perfect, so what?!

Point number 3

Memberikan Komentar/ Advise yang tidak di minta.

Contohnya adalah “ kamu tidak cocok pakai baju itu, bla bla bla

Elegant ladies tidak memberikan komentar apabila tidak di minta. Belakangan ini artis/ influecer banyak menerima koment yang menyakiti mereka, mereka berfikir bahwa artis/ Influencer tidak mempunyai perasaan atau tidak akan sakit hati dengan komen-komen tersebut.

Itu sangat sangat bad etiquette , apabila seseorang tidak meminta nasihat/ komentar jangan mengomentari dan menasehatinya.

Berbeda issue apabila seseorang meminta pendapat dan meminta masukan, ya silahkan kalian menyatakan pendapat kalian.

Terkadang kita membutuhkan masukan dari orang lain , untuk mengetahui perspektif mereka. Dan itu saya meminta untuk di komentari dan kalian bebas menyatakan pendapat kalian. Tetapi apabila Tidak di Minta Elegant Ladies tidak menyatakan pemdapatnya tanpa di minta.

Point number 4

Typo Police/ Polisi Online dan Kepo.

Orang yang satu ini menghabiskan energy nya untuk mengkritik dan complain serta mengemukakan pendapat tidak penting mereka, hanya untuk memojokan orang yang mereka komentari.

Contoh simple adalah saya memang tidak berbicara fluent English tetapi untuk sebagian orang bukannya memperbaiki Bahasa saya mereka malah mengatakan hal-hal yang tidak pantas. seperti mereka terobsesi dengan hal hal yang menyakitkan seseorang.

Dan mengenai kepo adalah terlalu ingin tahu urusan oranglain, bahkan di level yang sudah parah adalah mereka mencoba mencari tahu dengan hal-hal yang extrim.

Don’t ladies, Elegant Ladies never do that, selain tidak elagent juga seperti terlihat kurang style.

Point number 5

Memposting poto jelek teman kalian.

Ini juga sesuatu yang harus di perhatikan, banyak sekali tema-teman memposting poto jelek temannnya sendiri.

Sungguh sakit hati melihat photo jelek kita terpampang di posting salah satu teman kita. Ada beberapa kasus ketika saya melihat feed,ada beberapa postingan yang membuat Saya bilang hmmmm , oke,,,,,

Orang yang memiliki akun tersebut terlihat fabulous tetapi teman-teman di fotonya mereka terlihat tidak bagus, saya pikir ini adalah masalah respek , it’s not only all about you all the time , take other people feeling into account.

nah sekarang yang lagi heboh adalah editing foto, saya pikir sedikit aneh apabila kalian hanya mengedit photo kalian sendiri tanpa menghiraukan foto seseorang yang sedang bersama kalian. apabila kalian membuat perubahan pada poto kalian, coba lah lakukan sedikit perubahan juga pada poto teman kalian yang ada di photo bersama kalian, agar terlihat balace dan Great together.

Point number 6

Tanya permission teman kalian/ Memohon Izin sebelum Share apapun.

Ini banyak terjadi di social media, Banyak yang lupa untuk meminta izin kepada temannya terutama bila kamu berada di rumanhnya.

Tidak penting seberapa banyak followers kalian, tetapi photo rumah seseorang akan ada di Online , walaupun itu hanya story yang akan hilang 24 jam, sangat penting untuk meminta izin, “ bolehkan saya memposting ini, sesuatu di rumahmu”. Rumah adalah sesuatu yang personal dan privacy , misalnya dia mempunyai lukisan dan barang antic yang tidak ingin di ekpos, tetapi kalian memposting tanpa izin darinya, karena dia menghindari perampokan atau alasan lainnya.

Kalian bisa lihat Instagram saya ada beberapa poto teman/ barang yang saya posting, semua saya selalu meminta izin kepada mereka, bolehkah saya posting yang ini?

Nah apabila saya mengunjungi rumah seseorang biasanya saya tidak ambil photo atau Story apapun, kalaupun ada objek yang ingin saya poto , saya selalu meminta izin yang punya rumah, bolehkah saya mengambil poto ini?

Hampir tidak pernah, saya selalu memnggap rumah mereka bukan untuk konsumsi public di social Media.

Mulai sekarang Coba lah untuk mengimplementasikan ini terlebihk lagi apabila kita berada di lingkungan affluence people, kita menghargai privacy  mereka dan kamu terlihat True Elegant Ladies.

Begitupun dengan Postingan sebuah poto, mintalah izin mereka terlebih dahulu.

Point number 7

Mendahului Moment.

Susah untuk mencari kata yang mudah di ingat, tetapi bisa saya contohkan Misalnya salah satu dari teman kalian Menikah, atau Hamil Jangan memposting apapun sebelum seseorang tersebut memberitahukan kabar apapun atau poto apapun mengenai kabar yang mereka ingin publikasikan.

Ininya tidak mendahului Moment orang yang sedang memiliki moment.

Bisa ketika seseorang Brithday, tunggu dia posting , baru kalian posting.

Entah itu kabar baik ataupun kabar kurang baik.

Jangan mendahului Moment.

Point Number 8

Filming in Publik places.

Untuk saya ini bukan Ettiqutte tetapi ini adalah Rule

s dan keharusan.Back at the time sebelum social media hits , apabila kalian ingin membuat video apapun harus medapatkan izin terlebih dahulu, terlebih lagi apabila kamu akan menguploadnya di sebuah Chanel pribadi. Tetapi sekarang kita tidak mempunyai aturan mengenai ini. Untuk saya apabila berada di acara formal dan banyak orang saya tidak akan membuat film/video , karena mungkin orang yang secara tidak sengaja berada di video kita tidak mengingkan gambarnya ada di video kita.

Sangat susah untuk mengatakan ini benar atau salah karena lifestyle kita yang sudah berbeda .

kalau kita membuat video di keramain mungkin tidak orang banyak tetapi pilihlah sebuah objek.

jadi Mulai lah besocial media dengan bijak dan elegant.

Be Social dan still classy.

See you on Next Arikel……..

Tinggalkan komentar