Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Sebenarnya aga sedikit kurang happy nih ketika kita membahas tentang Pandemi yang sedang terjadi saat ini, tetapi sebetulnya di balik semua kejadian yang kita alami selalu ada alasannya. Akan ada kabar baiknya di balik sesuatu yang kurang baik ( seperti saat sekarang).

Lockdown, Quarantine, Psbb atau apalah itu intinya adalah Social Isolation, Mengurangi interaksi dan bahkan di larang untuk melakukan suatu perkumpulan dengan Jumblah yang terbatas.

Sedikit Aneh ya pasalnya kita manusia adalah mahluk social, dan kita di haruskan untuk melakukan Social Isolation, nah kita bahas yuk apa sih keuntungan itu sendiri dari SOCIAL ISOLATION.

Mungkin sebelum Pandemi ini melanda, kita bahkan mengingkan hal-hal yang justru kita alami sekarang contohnya, “ kapan sih gue bisa sendirian” , “ Please….Gue pengen banget WFH cape jalan ke kantor itu” , “ Aduh , gue lagi pengen di rumah aja hmmmm ga enak kalau ga datang” .

Nah pokoknya banyak deh yang kita inginkan saat ini , duhulu saat sebelum Pandemi kita idam- idamkan banget. balik lagi ya, kita adalah mahluk social yang bebas dan membutuhkan interaksi , makanya dengan waktu yang lama kita terisolasi membuat sebagian dari kita merasa tersiksa.

Apa sih yang kira-kira bisa kita renungkan, “ Apa yang gue dapet dari Isolasi itu sendiri”

Bagi yang sudah menemukan, good for you, bagi yang belum dan masih merasa kesepian dan sedih, bisa di lihat apakah mungkin ini bisa berhasil untuk kamu, yang masih mencari kedamaian dalam Social Isolation.

Opportunity for Greatefull.

Dengan Kesibukan yang kita hadapi hari-harinya terkadang kita melupakan berkat apa saja yang sudah kita terima dari alam semesta. Hal sekecil apapun yang kita temui semua adalah berkah, hanya nilai berkah itu sendiri kita yang bisa mengukurnya, sebesar apa? dan sudah cukupkah keadaan tersebut untuk kita sukuri.

Bersyukur juga salah satu cara untuk menjauhkan kita dari IRI.

Dan Percaya deh dengan bersyukur mengurangi kita dari rasa “ Belum cukup/ belum puas”.

Opportunity for Reflextion.

Keuntungan dari menyendiri adalah adanya kesempatan untuk berfikir lebih mendalam mengenai kehidupan, kehidupan sosial kita, atau mengenai Pekerjaan, atau kehidupan pribadi.

We are basically taking a break dari kehidupan public yang biasanya sibuk dan tidak pernah bisa meninggalkan ruangan “ hanya untuk Reflection ( Introspreksi).

Ketika kamu bagian dari salah satu group, kamu biasanya larut dalam keadaan apa yang sedang terjadi dalam Group, yang berarti kamu tidak selalu melakukan aksi yang kamu putuskan atas pikiran kamu sendiri”

Dengan Sendiri kita bisa Reflect pilihan-pilihan yang sudah kita buat dalam hidup dari berbagai sudut pandang.

Membuat Jurnal adalah Salah satu cara untuk mentrack apa saja yang ada dalam pikiran kita dan bagaimana kita menghadapinya.

A Change For Grounding ( Proses untuk menyeimbangkan physical, emosi, mental, dan energy).

Ketika kita menghabiskan waktu di luar, seperti Kerja, social, Belajar, dsb.

Secara tidak langsung kita tidak terconecting dengan Rumah, karena sebagian dari kita kita merasa sangat tidak happy ketika kita di rumah lebih baik menghabiskan waktu di kantor atau Hangout. Tetapi menghabiskan waktu di rumah , entah itu menyenangkan atau tidak itu adalah salah satu cara untuk mengetahui situasi kehidupan kita. Menciptakan Ruangan yang nyaman walaupun hanya ruangan kecil, dan kita ciptakan “ Confort Zone”itu dan mulai mencintai menghabiskan waktu di rumah,itu yang di namakan grounding.

Lebih mencintai apa yang kita miliki dan menikmati apa yang memang bisa kita nikmati.

Menciptkan Zona nyaman, walaupun hanya sebuah ruangan kecil, itu bisa menciptkan kedamaian yang bisa membuat kita Productive dan Creative.

Life Planning ( Merencanakan Masa Depan).

Now, Ketika kita merasa damai dan Grounding di rumah dan mempunyai waktu di sore hari untuk duduk mengambil kertas dan pulpen atau laptop untuk menulis beberapa goals di Masa depan. Sebagian dari kita menjalani kehidupan tanpa perencanaan, hanya mengikuti berjalannya waktu, sampai kita tidak mempunyai waktu untuk melakukan berfikir apa yang akan di lakukan ke depannya.

Terkadang ketika kita sendiri kita lebih memikirkan lebih detail, apapun keputusan yang akan kita ambil dalam kehidupan yang kita pilih.

Bukan hanya itu terkadang ketika kita diam dan sendiri, hal-hal yang tidak pernah terfikirkan muncul dan membuat kita ingin melanjutkan hidup lebih bermakna.

Creativity in Socializing.

Dengan Isolasi berbagai macam cara kita lakukan agar tetap terhubung dengan orang-orang di sekitar kita. Biasanya kita lakukan hanya face to face sekarang kita lakukan dengan Video call, saling mengirim gambar, video game online bersama, dll.

Selain yang sudah di sebutkan Coba lah untuk memulai komunikasi dengan orang yang jarang kita hubungi, Siapa saja yang sudah Lost Contak, tetangga, bahkan mungkin orang yang selama ini kita benci. Mungkin ini waktu yang tepat untuk memperbaiki hubungan dengan orang-orang tersebut.

Kesempatan untuk Melihat cahaya dalam kegelapan.

Naif but dengan Isolasi ini sendiri membuat kita lebih dapat melihat apa yang kita lupakan ketika kita sibuk dalam pekerjaan, Bersosialisasi. Misalnya kita pernah ingin melakukan sesuatu karena tidak ada waktu kita melupakannya. Sekarang kita bisa menggali hal-hal apa saja yang kita sudah lupakan , yang masih bisa kita lakukan, yuk kita mulai lakukan.

Increasing Creativity ( Meningkatkan Kreativitas).

Social isolation bisa juga untuk menyelasikan Pekerjaan atau hal- hal yang sudah tertunda karena kesibukan kita. Walaupun terkadang Sendiri membuat kita bersedih dan malah tidak productive , We born alone, we die alone, so We also must Growth alone.

 Kesendirian bukan berarti kita terisolasi, justru memberikan kita ruang untuk mengetahui

“ Siapa gue?”

“ Apa yang gue mau?”

“ Apa Kontribusi Gue buat kehidupan sekitar?”

“ Kesalahan apa yang udah Gue buat, sehingga buat gue menyesal sampai sekarang?”

“ Apa sih yang bikin gue berhasil mencapai tahap ini, dan siapa saja yang membantu gue?”

“ Siapa yang gue benci, kenapa? bisa di perbaiki ga? setidaknya gue pantas berdamai untuk diri gue sendiri?”

“ Kenapa gue merasa Kesepian saat sendiri? apa penyebabnya? dan bagaiman agar gue merasa Happy walaupun gue sendiri?”

“ Apa yang bisa gue perbaiki agar hidup gue bisa sesuai seperti yang gue mau?”

“ Damai lahir batin itu Apa sih dan bagaimana Menurut gue?”

“ Apa dengan Bersyukur Gue bisa damai?

“ Kalau iya coba tuliskan 5 hal yang gue sukurin tiap harinya, kalau belum damai juga , apa yang bikin gue damai lahir batin?”

Tarik nafas sambal tutup mata dan ambil nafas panjang, buka mata dan hembuskan nafas maka itu adalah berkah kamu pertama , kalau kamu belum menemukankannya.

Berkah pertama adalah bernafas tiap detik setiap harinya.

Saya mengajak semua pembaca untuk share Jawaban kalian lewat komentar atau email ke Abelmundy@modern-elegances.com , bagi yang terpilih mendapatkan Sessi Coaching Life selama 2 sessi ya…

Semoga semua mendapatkan Kedamaian dan menemukan jawaban kehidupan selama masa Social Isolation kalian, Stay heatlh and BE HAPPY!!!!

Tinggalkan komentar